Fitur Whatsapp dan Sms nya Mantap !
May 22, 2014
5/5 stars
Begitu mudah kirim dan terima pesan whatsapp dan sms online via web gratis ke seluruh Indonesia

Cara Praktis Install Drupal 7 untuk newbie

Cara Praktis Install Drupal 7 - Bagi webmaster newbie seperti saya, sekali mencoba content management system (cms) Drupal ini, langsung jatuh hati. Drupal 7 sangatlah mudah untuk kustomisasi, php programming yang menjadi andalan saya membuat aplikasi pun sangat mudah dimasukkan dalam konten artikel hanya dengan mengaktifkan php filter. Disamping itu dengan adanya modul, dengan mudah kita bisa menambahkan fitur baru pada Drupal kita seperti contohnya toolbar share ke beberapa social media sekaligus.

Untuk bisa menjalankan cms Drupal, lebih dulu siapkan webserver yang akan dipakai. Anda bisa cari di search engine, banyak webhosting yang bagus dan Drupal ready. Bila webhosting anda punya fitur install aplikasi drupal macam cpanel atau spanel maka anda bisa skip artikel ini bagian instalasi dan langsung menuju bagian konfigurasi.

Instalasi Drupal 7
Untuk menginstal CMS Drupal kita hanya butuh waktu sekitar 10 menit,  sebelumnya kita harus download cms drupal dari sini kemudian ekstrak file drupal dan upload ke webserver anda, contoh pada folder  /public_html/drupal7.

drupal core vs distribution - Ada dua jenis file instalasi Drupal 7 yaitu drupal core dan drupal distribution. yang mana yang harus dipilih ? Drupal core adalah file instalasi dengan ukuran paling minimum, didalamnya hanya terinstall modul untuk core saja, maksudnya core adalah fitur dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah content management system (cms) seperti article, comment, blog, forum dsb. Sedangkan Drupal distribution adalah file instalasi core ditambahkan modul2 penunjang seperti tambahan themes responsive, wysiwyg editor, antispam captcha dsb. Yang baru saya coba adalah distribusi spark, fitur-fiturnya bisa dilihat disini.

Berikutnya adalah mempersiapkan database dan koneksinya. Drupal 7 bisa menggunakan beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQlite, Microsoft SQL, Oracle, mariaDB, mongoDB, Percona Server. Webhosting anda biasanya sudah menyediakan pula akses ke database server. Catat usernama, password dan nama database yang akan digunakan.

Langkah selanjutnya adalah buka menu instalasi Drupal 7, contohnya jika anda install pada folder /public_html/drupal7, maka anda bisa buka menu instalasi Drupal 7 pada : http://sitesaya.com/drupal7. kemudian enter dan akan muncul tampilan pertama tahap instalasi drupal. pilih profil standart kemudian klik save and continue. pada pilihan bahasa pilih english dan klik save and continue.

Selanjutnya pada tampilan Database Configuration, database type pilih mysql, mariadb or equivalent ataupun SQlite sesuai jenis database anda, database name isi dengan nama database yang telah dibuat tadi, database username dan password isi dengan data yang telah dicatat tadi klik 'save and continue'. Contoh screenshot.

Setelah proses instalasi telah selesai, tinggal mengkonfigurasi site drupal. Site name isi dengan nama site kita contoh Sitesaya.Com, site e-mail address isi dengan alamat email, username isi dengan admin, password isi sesuai dengan keinginan dan yang terakhir dafault country isi dengan indonesia dengan timezone sesuai daerah masing-masing kemudian klik save and continue. Tampilan akhir dari instalasi drupal. untuk memperlengkap fitur-fitur dalam cms drupal kita tinggal menambahkan modul-modul drupal.

Sekarang website anda berbasis Drupal sudah bisa dibuka dan siap diisi dengan artikel atapun halaman blog. Jangan berhenti disini, lanjut ke bagian kedua  tentang cara setting dasar Drupal 7.

Demikian cara praktis install drupal 7 untuk newbie ini disajikan, semoga bisa bermanfaat bagi semua.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.